Rabu, 22 Agustus 2007



PC Bohongan yang nampak Nyata Kenal vmware ? jika iya, harusnya juga kenal software Connectix Virtual PC 4.3 yang satu ini. Hanya saja software ini asli dibikin oleh Microsoft. Seperti Emulator - emulator yang lain, Virtual PC juga sebuah emulator PC yang memungkinkan kita bisa menginstall dan menjalankan sistem operasi lain dalam windows kita.
Bisakah menginstall Linux ? Bisa. saya pernah mencobanya dan berhasil, hanya saja pilihan [i]Operating System[/i]nya adalah [.]Other[.]. maklumlah, dari dulu Windows khan tidak pernah akur dengan linux. Jadi rekan-rekan jangan bermimpi untuk menggunakan software ini pada sistem operasi LInux. tidak mungkin banget :P
Configurasi yang mudah, Tampilan yang Cantik, serta dukungan penuh microsoft memberikan penilaian lebih tersendiri pada produk ini. disamping kita tidak bisa menafikkan harga jualnya yang lumayan wah.
tetapi secara keseluruhan produk ini layak banget untuk dicoba. versi terbarunya adalah [i]Microsoft Virtual PC 2004[/i], ada versi trialnya kalo tidak salah 45 Hari. bisa didownload di http://www.microsoft.com/windows/virtualpc/default.mspx

PC di dalam PC Yang suka dengan software Emulator pasti kenal dengan Connectix. Aku sendiri pernah dapat software hasil download dari teman VGS (Virtual Game Station), sebagai PLay Station vitual. Yang sekarang nih (aku sendiri juga baru tau) ada software emulator sebagai Virtual PC. Sesuai namanya Connectix Virtual PC akan menambah satu atau lebih ke dalam PC kita.

User interfacenya juga cukup user friendly. Cukup menklik New PC, akan ada wizard yang menuntun kita, tinggal pilih OS yang mau diinstall di PC Virtual baru kita, terus ukurannya di Harddisk dan memory yang akan dialokasikan. Selesai udah Virtual PC baru kita. Tinggal diinstall. Soal cara installnya, cukup gampang kok karena ada instruksinya. Jangan kaget kalau ternyata bisa menginstall banyak jenis OS didalamnya, termasuk Linux, DOS, dan lainnya.

Aku sendiri sudah mencobanya. Saya install Virtual PC di Windows 98SE, lalu membuat satu PC virtual dan saya install Windows 2000 Advanced Server, hasilnya lumayan. Sekarang saya bisa belajar setting domain, networking, pokoknya hampir persis sama deh dengan punya dua PC. Terus aku bisa install Microsoft SQL SERVER 2000 di Windows 2000, lalu akses pakai Visual Basic yang dijalankan di Windows 98SE.

Meski masih punya kekurangan (yang menurut aku wajar aja) seperti, kebutuhan memory banyak, kalau cuma 128 pasti nga cukup deh. Kalau 256 juga masih kurang karena harus dibagi 2, ingat Windows 2000 dengan SQL Server mengajurkan memory 256.

Yang jelas harus dicoba. Trialnya lumayan kok, 30 hari. Oh. ya, download aja di www.connectix.com.

0 komentar: