Minggu, 02 September 2007

Tweaking

About Tweaking

Yang disebut tweaking atau arti harfiahnya "menjewer" sudah pasti bukan menjewer dalam arti sebenarnya, tapi bagaimana caranya mempercepat kinerja suatu sistem operasi (dalam hal ini yang akan dibahas adalah Windows XP) tanpa membeli perangkat keras (hardware) berharga mahal. Dengan kata lain, cukup mempertahankan spek komputer yang kita miliki, kita dapat merasakan cepatnya windows memproses aplikasi dan perintah dari keyboard mouse yang kita berikan.

Tweaking yang akan dibahas sama sekali tidak berhubungan dengan overclocking, yaitu suatu teknik (secara hardware maupun software) mempercepat/menaikkan kinerja perangkat keras yang kita miliki. Misal: menaikkan kecepatan (clock) dari processor maupun kartu grafis (VGA – baik tipe AGP maupun PCI Express), ataupun menurunan waktu latency dari memori yang kita gunakan.



Tweaking..(1)..Task Manager

Proses tweaking yang sangat mudah yaitu mematikan aktivitas windows XP yang tidak digunakan, berdasar dari processes status yg dkerjakan. Nah, processes status ini dapat dilihat dari Task Manager. Caranya dengan menekan Ctrl+Alt+Del. Cara lain yaitu klik kanan di taskbar bawah, pilih Task Manager.

Ketika jendela Task Manager terbuka, ada 5 sub-window, terdiri dari: Applications, Processes, Performance, Networking, dan Users. Biasanya jika windows hang, yang dituju adalah Application. Dalam menu task, ditandai dengan not responding pada menu status aplikasi tersebut, hanya dengan menyorot dan klik End Task, atau klik kanan aplikasi yang akan dimatikan, lalu pilih End Task. Dengan segera windows akan mematikan aplikasi yang error tersebut.

Nah, untuk tweaking, yang perlu diperhatikan bukan Application, tapi sub-window Processes. Berdasar pengalaman dan baca2, dengan spek kompi minim (sekelas Pentium 3 450 MHz hingga Athlon XP 1700+, memori 128-256 MB, vga onboard atau sekelas GeForce 2/4MX atau Radeon 9200 series atau 9600SE), windows masih lancar jika memproses kurang dari 30 proses dalam menu Image Name pada sub-window Processes di Task Manager. Seberapa banyak process bisa dilihat pada sebelah kiri bawah window Task Manager. Seringkali setelah menginstal suatu program, processes dalam menu Image Name (untuk bahasan selanjutnya saya sebut dengan task) berjalan dengan sendirinya, meski tidak kita aktifkan atau kita gunakan. Task yang berjalan tadi menggerogoti memori komputer kita (ditunjukkan pada menu Mem Usage di sub-window Processes) sekaligus makan kerjaan bwat processor, karena dia harus diproses oleh sistem.



Tweaking..(2)..Multitasking

Suatu hari seorang klien saya komplain,"Ini kok komputernya lambat mas. Tadi saya masukin flash disk, terus dia malah hang." Hoho, sekali lirik, ketahuan kenapa itu kompi mogok mikir. Wow, multitasking! 4 window firefox, 1 window explorer, 1 window microsoft word, 1 winamp, 1 window sound effect manager (untuk mengatur konfigurasi sound card). Selain itu, sistray (shortcut di sebelah kanan bawah taskbar di dekat jam disebut sistem tray atau disingkat sistray)... Hmmm, cukup untuk membuat si processor megap-megap. Nah, multitasking merupakan istilah jika kita menjalankan berbagai aplikasi dalam waktu bersamaan. Memang buka window kebanyakan tidak boleh? Tentu saja boleh, kalo mampu dan bisa silakan aja. Namun, spek komputer yang hang tadi bersenjatakan Pentium 3 800 MHz, memory 256MB, onboard VGA.

Intermezzo aja, knapa saya tidak pilih restart ketika hang ato tidak langsung menyalakan kompi setlah dimatikan? Perlu diketahui, bahwa struktur harddisk terdiri atas piringan2 seperti layaknya cakram disc. Di dalamnya ada jarum penunjuk untuk membaca (jadi inget kuliah kimia material, pas itu dosenku bawa harddisk yang dah dikanibalin. ..jadi bisa lihat jeroan harddisk...waaaahh, seru dah). Nah, ketika hang, jarum pembaca tertahan pada cakramnya, dan ga otomatis terangkat, dia akan terangkat setelah beberapa detik kemudian. Artinya, jika kita sering langsung menekan tombol restart atau langsung menyalakan kompi dengan cepat setelah kita matikan, sementara jarum pembaca masih di tempatnya, sedangkan komputer kita suruh boot awal dengan menekan tombol restart tadi, maka jarum pembaca akan segera bergeser balik ke posisi awal dengan cepat. Akibatnya, si jarum akan sedikit menggores piringan isi harddisk. Efeknya, jika ini dibiarkan terus berlanjut, maka kemungkinan besar dapet bad sector! Kenapa? Karena sector tersebut dah tidak terbaca, mirip dengan permukaan CD/DVD yang kegores-gores. Sebagai contoh, harddisk seagate 40 GB punyaku karena dulu di kos-kosan sering tiba-tiba mati listrik dan langsung kunyalain, saya musti potong sekitar 8 GB karena bad sector akibat sering langsung kurestart atau langsung nyalain habis mematikan manual dari tombol power.

Setelah merestart windows, saya buka task manager. Ck,ck, ck. Belum membuka window apapun selain task manager saja sudah 30 task (atau 29 jika task managernya saya matiin). Artinya, batasan 30 task itu cukup wajar dan rasional untuk PC sekelasnya. Hohoo..inilah gunanya tweaking. Saya matikan beberapa task yg saya anggap tidak perlu, misalkan yang berhubungan dengan Adobe, seperti adobe_lm, adobe clean bla3x, acro tray, adobe speed up service, lalu fungsi auto update, seperti firefox update, ym update, adobe updater, dsb. So, cukup buat menghemat beberapa task, kan?

Bab ini cuma menegaskan betapa pentingnya kita menghemat task, yang artinya menghemat kinerja CPU, dengan kata lain CPU tidak cepat tua karena diforsir terus-menerus, sehingga investasi kita dengan membeli komputer bisa lebih awet karena usia yang makin panjang. Karena pada dasarnya, ketika kita membeli barang baru yang berbau mekanik dan elektrik, baik itu elektronik, kendaraan, sebenarnya yang kita beli 2 hal, pertama teknologinya dan yang kedua usianya. Misalkan kita berencana membeli corel 12 – sementara kita saat ini menggunakan versi 10 – karena ada fungsi dan teknologi baru yang ditambahkan bukan? Semua barang pasti bakal uzur dan usang, itu sudah digariskan oleh-Nya. Tapi rahasianya adalah bagaimana kita meminimalisir maupun mereduksi keusangan dan keuzuran tadi, (salah satunya dengan tweaking, apalagi kalau kompi kita sudah sedikit berumur), logikaya mirip seperti menghambat penuaan dini.

Jadi, sekali lagi, biasakan untuk selalu meninggalkan sisa 18-24 task supaya ketika multi tasking atau menjalankan banyak program komputer kita bisa tetap lancar dan tidak bermasalah.



Tweaking..(3)..End Task

Seringkali, beberapa program dengan "manisnya" memprioritaskan dirinya untuk diloading ketika start-up (booting windows), seperti winamp, adobe acrobat, TVschedule, nero scout, Win cinema manager, symantec dengan ccEventMgr, dsb. Misal, winamp akan muncul dalam sistray (dikenali sebagai winamp agent) kecuali saat menginstal Winamp kita menghilangkan tanda checklist/centang di systray, atau cukup dengan klik kanan pada winamp agent dan pilih disable winamp agent. Jika tidak, winamp muncul di task manager sub-window processes sebagai winampa. Winamp agent ini sebaiknya dimatikan, untuk menghemat task di Processes Window. Toh jikalau kita ingin Winamp mendendangkan lagu untuk kita, kita tinggal klik di shortcut desktop atau dari start menu>>All Programs>>Winamp.

Untuk adobe acrobat, ada beberapa tipe di task manager, misal adobe_lm, adobe clean, acro tray, adobespeedupservice/ adobeacrobatspeedlauncher, dsb. Task adobeacrobatspeedlauncher sebetulnya berfungsi untuk mempercepat jika kita membuka file pdf. Namun ada trik lain jika kita ingin membuka file pdf dengan adobe acrobat. Tips ini cukup simpel, saat kita membuka file pdf, keluar logo adobe acrobat, jika memori kita cekak, akan terlihat pada saat itu sebetulnya selain membuka file pdf, adobe juga sedang menginitializing dan meloading beberapa plug-ins yg dia punya. Nah, jika kita ingin hanya membuka file pdf tersebut tanpa banyak mengedit file yang kita buka, tahan tombol shift (boleh yg kiri ato kanan) maka adobe acrobat tidak lagi initializing dan buka plug-ins. Hasilnya, file pdf akan terbuka lebih cepet.

Aplikasi lain seperti program burner CD/DVD seperti Nero juga naro dirinya dalam sistray ketika windows dijalankan, matiin aja task nero atau nero start smart, nero scout ato sejenisnya dari task manager kl kita ga pake. Nah, kl kita mauw pake, buka aja dari Start, lalu klik All Program, pilih Nero Burning Room (untuk yg nginstal nero versi ultra ato premium) atau Nero Express untuk bakar data. Saran saya jgn gunakan Nero Start Smart sebab Nero Start smart suka ikut keproses tasknya.

Power DVD ato aplikasi pemutar film berjenis mpeg1 ini juga rajin meletakkan dirinya ketika diboot untuk windows..so bunuhlah ia dalam task manager ketika anda ingin mengetik (misal:chatting, hihihi:D) tp ga sambil nonton DVD. Untuk WinDVD anda cukup mematikan WinCinema Manager pada Task Manager.

Kl norton pada pake ga yaa..aku sih ngga :-p..Pengalaman pernah pake, itu banyak makan resource juga, nah servis updatenya matiin aja, kan bisa manual dari file yg kita donlot ato dapet dari temen..intinya, matiin servis updet untuk antivirus. Lalu matikan juga ccEventMgr atauyg berawalan dengan cc di Task Manger.



Tweaking..(4)..msconfig (bagian 1) Startup

Bab ini kita akan mengoptimalkan startup/booting windows xp, supaya ketika booting/mulei sejak komputer dinyalakan atau direstart hingga ia ke desktop dan siap dipakai tidak terlalu lama. Nah, kuncinya ada di msconfig. Tapi babak ini rada rawan, soalnya kl temen2 pada usil dan iseng ngutak-atik karena ingin tahu yang berlebihan karena pengen tau yang tab lain, saya ga tanggung jawab kl Windowsnya crash.

Untuk masuk menu msconfig, Klik start, pilih Run...Sebuah kotak dialog akan muncul, ketiklah "msconfig" (tanpa tanda kutip). Window System Configuration Utility akan muncul di tengah monitor. Pada tab General, untuk mentweaking, pilih Selective Startup untuk menu Startup selection, lalu pindah ke tab startup (tab paling kanan). Pliss yg lain (System.ini, Win.ini dan Boot.ini) jgn diutak-atik dulu yah, untuk Services akan kita bahas di bab berikutnya, ok? Nah, di menu Startup, bisa terlihat item2 apa aja yg diloading windows saat booting. Nah,hilangkan tanda centang di depan nama masing2 yang ingin ga diloading pas booting.

Misalnya, ini sebagian yg ada di kompi server/klien net saya:

  • 1) Nero Check, item ini ada kl kita instal nero burning room/express, matikan fungsi ini karena dia bakal nongol kl kita masukin cd/dvd maupun boot awal saat booting dah nyampe desktop, Karena toh kita tetep bisa akses itu cd/dvd baik isi maupun blank dari windows explorer kan, biar ga nglama-lamain booting lah.

  • 2)Adobe acrobat Speed launcher, acrotray dan Adobe Gamma Loader, kedua fungsi ini ada kl kita nginstal adobe acrobat professional, aku lupa kl yg adobe reader iya ga, tp matiin aja item ini, toh kita tetep bisa buka+edit file pdf, create pdf, compile file tu pdf, ngambil picture/text dari pdf, pindahin ke word, dsb. dgn kata lain, adobe acrobat kita masi bisa jalan kl fungsi ini kita bunuh, gt.

  • 3)Soundman, item ini berkaitan dengan sound card yang kita pasang dan instal drivernya,nah ada menu untuk ngatur konfigurasi soundcard kan, nah, itu diloading pake ini. Sebaiknya dimatikan, boleh juga ngga. Karena menu untuk ngatur sound card biasanaya ada di control

panel.

  • 4)NvCpl, nwiz dan NvMcTray, item ini ada kl kita instal driver kartu grafik (vga) dari produsen Nvidia, dia menyediakan akses ke pengaturan grafik dari sistray (yg di kanan bawah deket jam), yg nwiz matikan, kl yg NvCpl dan NvMcTray boleh dimatikan boleh ga, karena kita tetep bisa akses konfigurasi kartu grafis dari control panel juga maupun dari klik kanan, pilih properties, dalam window dialog yang muncul (display options), pilih settings (tab paling kanan), lalu pilih advanced (di kanan bawah). Kotak dialog baru akan muncul, biasanya untuk ngatur tampilan grafis Nvidia ada di kanan atas, kaya yg di sini vga onboard, tulisannya GeForce6100, nah, temen2 bisa setting2 dari situ. Kl aku sih aku matiin NvCpl, nwiz dan NvMcTray.

  • 5)RUNDLL.32 dengan command rundll32.exe tweakui.cpl,tweak me up, ini program bwat tweaking di background, nyepetin kinerja, bagusnya jgn matiin.

  • 6)kav, ini ada kl kita instal antivirus kaspersky, kl kita matiin, fungsi auto protect dari virus, trojan dan worm mati. Sebenarnya menu auto protect juga bisa dijalanin lagi kl kita buka kaspersky dan klik enable auto protect. Ini berlaku untuk produsen antivirus yang lain, antivirus akan sengaja membiarkan dirinya untuk diboot dari awal untuk mencegah bekerjanya worm, trojan, spam, virus bekerja sejak boot windows. Mendingan jgn matiin. Tapi dimatiin jg gpp, kl kompi kita ga konek ke internet dan kita yakin kl usb drive/flash disk yang kita masukkan aman dan ga ngandung virus, it’s ok.

  • 7)ctfmon, kl ga salah inget, ini berkait dengan tombol volume di kanan bawah kl ga da hubungannya dengan sound card. Meski begitu, soundcard dan volume masi bisa diakses dari control panel, ini Cuma semacam shortcut ke sistray aja mirip kaya yang dari vga tadi. Kl aku

sih kumatiin.

  • 8)_hndguard, ini program billing clien kami, namanya HandyCafe, jadi jgn dimatiin lah yaa.

  • 9)YAHOOM~1, in ikl kita nginstal YahooMessenger. Dia biar nongol di sistray gt. Mending matiin aja, akses dari shortcut desktop atau start, trus all programs, trus masuk Yahoo!messenger, sama aja.

  • 10)trus ada juga yg da hubungannya dgn ACDSee, mending matiin aja.

  • 11)fungsi2 update otomatis, mending matiin aja. Update manual dari majalah ato dari sumber terpercaya, biar ga kesasar salah kemasukan trojan ato spam.

  • 12)kl yg ga da namanya, boleh dimatiin boleh ngga, kl aku sih kumatiin, ngga crash, dan start up tetep lebih cepet..

Kl anda ragu, mending ga usah dimatiin, tp kl anda yakin dan mau mencoba, silakan matikan, restart komputer anda, setelah direstart akan ada sedikit peringatan, beri tanda centang pada notifikasi tersebut, biar notifikasi tersebut ga nongol lagi.



Tweaking..(5)..msconfig (bagian 2) Services

Bagian kedua untuk mempercepat proses booting masih berkisar di msconfig. Daripada setiap booting kita musti mematikan task dari task manager, mendingan task tersebut tidak ikut dijalankan sejak awal Windows dijalankan. Jadi, selain task itu tidak perlu kita matikan, task tersebut tidak akan jalan sebelum kita memberikan instruksi untuk menjalankannya. Begitu. Nah untuk mematkan task itu ada pada sub-window sebelah Startup yaitu Services.

Untuk mentweaking, pada sub-window Services, beri tanda centang pada Hide All Microsoft Services, sehingga akan membuat layanan dari Microsoft disembunyikan. Selanjutnya, hilangkan tanda centang pada layanan yang tidak ingin diboot sejak awal. Berikut beberapa layanan yang ada di server net saya:

    1. Kaspersky Anti Virus 6.0, layanan proteksi terhadap virus sengaja tetap dihidupkan sejak awal guna mencegah aktifnya virus sejak awal windows dijalankan.Sehingga tanda centang untuk layanan anti virus sebaiknya dibiarkan saja.

    2. Machine Debug Manager, layanan ini sebetulnya bermaksud baik dengan melakukan debug terhadap program atau task yang mengalami crash ketika dijalankan. Namun agaknya saya cukup kesal jika program tersebut tidak mampu men”debug” dengan benar namun tetap menampilkan pesan untuk men-debug. Misalkan gini, Mozilla Firefox/Internet Eplorer anda tiba2 hang karena anda membuka banyak window atau terlalu banyak tab secara bersamaan, udah gitu anda membuka file pdf dari internet tanpa mendownloadnya terlebih dahulu. Nah, sebetulnya beban bandwith koneksi internet anda terlalu penuh plus beban memory komputer full juga karena terlalu cekak. Nah, untuk mengatasinya anda matikan tasknya menggunakan Task Manager, klik End task untuk acroRead32.exe untuk mematikan task acrobat reader, firefox.exe untuk membunuh Mozilla Firefox atau IEMonitor.exe untuk menghentikan task dari Internet Explorer.

Anda bingung jendela yang anda buka hilang? Jangan kuatir, anda buka lagi Mozilla Firefox atau Internet Explorer anda, lalu klik Ctrl+H untuk memunculkan daftar history atau web page yang pernah anda buka. Lalu anda tinggal milih halaman web mana yang ingin anda kunjungi lagi. Sekedar saran dari saya, buka web page lebih sedikit pada saat bersamaan dan biasakan download file pdf dari internet sebelum anda membukanya.

Lalu muncul pesan bla3x dengan 2 pilihan di bawahnya Debug atau Cancel. Meskipun anda pilih debug, jika anda melakukan hal yang sama (buka banyak web page pada saat bersamaan dan membuka file pdf tanpa mendownloadnya dulu), anda akan menemui hal yang sama jika bandwith internet dan memory sistem tidak anda tambah. Agar debug2an tidak muncul lagi cukup hilangkan tanda centang pada machine debug manager di sub-window Services dari msconfig.

    1. Nvidia Display Driver Service, sebaiknya layanan ini dimatikan karena toh anda masih bisa membuka dan mengkustomisasi tampilan grafis anda dari Properties di desktop atau dari Control Panel>>klik Display.

    2. Office Source Engine, layanan ini ada jika anda menginstal Office 2003, Sebaiknya anda matikan juga layanan yang satu ini. Biar bagaimanapun anda masi tetap dapat membuka Microsoft Word, Access, Excel PowerPoint dan sebagainya, selain itu jika office anda bermasalah lalu anda masi dapat merepairnya juga dari control panel>>klik Add or Remove Programs.

    3. Acrobat Reader dan semacamnya. Layanan ini ada jika anda menginstal Adobe Acrobat Reader, Acrobat Professional atau Acrobat 3D. Layanan juga sebaiknya anda matikan karena anda masi bisa membuka file pdf maupun mengeditnya bahkan anda bisa mempercepat untuk membuka file pdf dengan hanya menahan tombol shift.

    4. ccEventManager dan yang berawalan dengan cc..Layanan ini muncul karena anda menginstal program buatan Symantec seperti Norton Antivirus, Norton Anti Spyware ataupun Norton System Works. Sebaiknya matikan layanan ini karena anda masi dapat mangakses dari Start Menu. Meskipun layanan ini dimatikan, pastikan juga proteksi anti virus dan anti spyware dari norton anda juga tetap aktif.

    5. Start Wind iSCSI Service. Layanan ini ada sejak anda menginstal Alcohol kalo ga salah sejak versi 1.8. Alcohol merupakan program pembuat image disc dan burning image, dengan membuat drive virtual sendiri seperti Daemon Tools. Layanan ini sebaiknya anda matikan (kalo perlu ga usah diinstal sekalian) juga kecuali anda menggunakan Harddisk tipe SCSI dan sering transfer image dari jaringan.

Untuk layanan selain yang tercantum di atas anda juga boleh matikan.



Tweaking..(6).. Administrative Tools

Setelah mematikan layanan dari Non-Microsoft, tentu anda bertanya-tanya mengapa layanan dari Microsoft yang tidak saya butuhkan juga tidak saya matikan sekalian? Anda bisa mematikan dari msconfig dengan terlebih dahulu menghilangkan tanda centang pada Hide All Microsoft Services. Tapi tunggu dulu! Service mana yang boleh saya matikan dan tidak? Untuk yang ini anda tidak boleh coba2, karena tidak setiap layanan berdiri sendiri, ada ketergantungan dengan layanan lain (dependencies), misalkan Network DDE, layanan ini dapat berjalan jika Network DDE DSDM dijalankan, dan jika Network DDE ini anda matikan, maka layanan Clip Book akan turut mati. Masih untung jikalau seandainya layanan ClipBook tidak anda gunakan, tapi jika iya, maka masalah akan menemui anda.

Oleh karena itu, cukup bijaksana jika anda mematikan dari Adminsitrative Tools. Bahkan anda juga dapat mematikan service non-Microsoft dari sini jika anda mau. Anda mematikan layanan non-Microsoft dari msconfig karena biasanya layanan tersebut tidak bergantung dengan layanan lain khususnya dari Microsoft. Jadi, sah-sah saja anda mematikan dari msconfig.

Untuk masuk ke Administrative Tools, klik Start menu dan masuklah ke Control Panel. Pilih Performance and Maintenance, lalu klik Administrative Tools. Selanjutnya klik Services.

Belum selesei...