Jumat, 27 Juli 2007

Berapa lama sih CD dan DVD bisa kita simpan dan kita paka?

Daya tahan CD dan DVD sangat tergantung pada berapa hal,seperti suhu,kelembapan,tempat penyimpanan (storage),media dari CD dab DVD,serta dapat tergantung pada CD-player dan DVD-playernya.

Usia dari optical disc bergantung pada banyak faktor, beberapa dapat dikendalikan oleh pemakai, beberapa yang lainnya tidak. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi usia disc termasuk berikut ini:


• Tipe
• Kualitas pabrikasi
• Kondisi disc sebelum perekaman
• Kualitas dari perekaman disc
• Perlakuan dan perawatan
• Kondisi lingkungan

Tiga tipe dasar dari keping CD dan DVD, yaitu ROM, R dan RAM, masing-masing menggunakan bahan untuk lapisan data yang berbeda. Penurunan kondisi dari bahan ini dapat menyebabkan penurunan unjuk kerja disc dan pada akhirnya mengakhiri masa hidup si disc.
Perlakuan fisik yang salah kepada disc biasanya merupakan penyebab rusaknya lapisan polycarbonate (plastik bening yang menyusun sebagian besar dari disc). Polycarbonate dapat juga merenggang atau membengkok jika disimpan dalam jangka waktu yang lama pada posisi non vertikal.
Pada CD dan DVD, awal mulai terjadinya penurunan kondisi akan tidak terasa bagi pengguna, karena kemampuan deteksi error dan koreksi yang terdapat dalam sistem mengoreksi sejumlah error tertentu.
Pengguna baru ngerasa ada masalah saat kemampuan koreksi error tidak mampu mengoreksi error. Karena mungkin errornya udah terlalu parah.
Kemungkinan kerusakan disc bakal meningkat seiring dengan banyaknya error. Saat jumlah error (sebelum koreksi error) pada disc meningkat naik sampai ke level tertentu, kerusakan disc menjadi tak bisa ditolerir dan dengan demikian menandakan akhir hidup disc.
Diantara pabrikan-pabrikan yang telah melakukan test, terdapat kesepakatan bahwa, dibawah kondisi penyimpanan yang direkomendasikan, disc CD-R, DVD-R dan DVD+R setidaknya mempunyai harapan usia hidup 100 sampai 200 tahun atau lebih, sedangkan disc CD-RW, DVD-RW, DVD+RW, dan DVD-RAM setidaknya 25 tahun atau lebih.

Pada CD-ROM dan DVD-ROM harapannya umurnya bervariasi mulai dari 20 sampai 100 tahun. Ada sedikit laporan perkiraan umur disc yang telah dipublikasikan oleh laboratorium2 independen. Sebuah studi percepatan usia di NIST memperkirakan perkiraan usia hidup dari satu tipe DVD-R untuk penulisan disc dapat 30 tahun jika disimpan pada 25°C (77°F) dan 50% kelembaban relatif.

CD-ROM DVD-ROM Discs (audio, video, inter- active games, +graphics, computer applications)

Panjang usia disc ROM ditetapkan dengan luas dimana lapisan alumuniumnya terkena oksigen. Oksigen mengandung polutan, dapat berpindah melalui lapisan polycarbonate atau lapisan sisi label, terbawa kedalam melalui embun (uap lembab). Oksigen atau embun dapat lebih mudah merembes/menembus melalui gesekan/garukan, retakan, atau terkupasnya daerah di label.
Oksigen dapat juga terjebak di dalam disc sewaktu proses pabrikasi, Jika ditinggalkan di lingkungan yang sangat lembab, embun-dan oksigen-pada akhirnya akan mencapai lapisan alumunium, menyebabkan lapisan tersebut kehilangan reflektivitasnya (kamampuan pemantulan cahayanya). Normalnya alumunium mengkilat, yang mirip perak, menjadi pudar dan kusam, sehingga berkurang reflektifitasnya. Kombinasi antara kelembaban tinggi dan meningkatnya temperatur akan mempercepat tingkat oksidasi.

Sebaiknya menyimpan disc ROM di lingkungan kering dan dingin. Jika disc dipindahkan dari lingkungan lembab dan panas ke kondisi ideal sebelum kerusakan terjadi, dia akan mengering dan pulih lagi.
Pencemaran lain, seperti tinta, bahan pelarut, dan pengotor (polutan), memiliki potensi untuk merembes masuk dan untuk merusak, mengotori (warnanya) disc, atau membuat korosi (karat), menyebabkan masalah permanen pembacaan bagi laser.


CD-R, DVD-R, DVD+R Discs


Pada CD-R, DVD-R, DVD+R menggunakan emas, perak atau campuran perak sebagai lapisan reflektif (pemantulan cahaya) sebagaimana bahan alumunium yang dipakai disc ROM.

Emas tidak berkarat, tetapi mahal. Perak lebih mudah memantulkan cahaya dan lebih murah dibanding emas tetapi rentan berkarat jika terkena sulfur dioxide, suatu polutan udara yang dapat merembes ke disc dengan cara yang sama dengan oksigen (melalui kelembaban). Pemanufaktur menggunakan campuran silver yang beragam untuk membantu mencegah korosi perak. Kemungkinan korosi perak dari ekspose sulfur dioxide adalah lebih kecil daripada kemungkinan oksidasi alumunium yang disebabkan oleh kelembaban tinggi.
Menyimpan disc dalam lingkungan “udara bersih” tersaring dapat meminimalkan atau menghilangkan kontak mereka dengan sulfur dioxide.

Celupan organik yang digunakan di lapisan data dari disc R ,secara alami namun lambat mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Temperatur yang tinggi dan kelembaban akan mempercepat proses tersebut. Terkena sinar ultra violet dalam waktu yang lama dapat menurunkan sifat celupan dan pada akhirnya membuat data tidak lagi dapat dibaca. Meningkatnya panas didalam disc, yang disebabkan oleh sinar matahari atau dekatnya ke sumber cahaya yang panas, juga akan mempercepat penurunan celupan. Pemanufaktur mengklaim bahwa disc CD-R dan DVD-R memiliki hidup dari 5 sampai 10 tahun sebelum direkam, tetapi tidak ada masa kadaluarsa yang ditulis dalam kemasan CD-R, DVD-R, atau DVD+R, tidak juga terdapat informasi yang dipublikasikan dari tes untuk membuktikan pernyataan itu.
Dengan demikian, akan bijaksana untuk membeli disc hanya sewaktu kita membutuhkan saja daripada memesan dalam jumlah yang besar dan membuat persediaan untuk kebutuhan masa datang.

CD-RW, DVD-RW, DVD+RW, DVD-RAM Discs


Disc RW dan RAM umumnya tidak dipertimbangkan untuk keperluan pengarsipan jangka panjang.
Disc rewritable menggunakan lapisan “phase-changing metal alloy” untuk merekam data dan alumunium untuk lapisan reflektif. Lapisan campuran tidak se stabil celupan yang digunakan di disc R karena bahan ini biasanya memiliki tingkat penurunan kondisi yang lebih tinggi.
Kombinasi dari temperatur yang tinggi dan sinar UV dapat mempercepat proses penuaan. Kombinasi dari temperatur dan kelembaban relatif yang tinggi seringkali dapat juga mempercepat proses penuaan, sebagaimana terjadi pada celupan organik yang digunakan di disc R.

Belum ada hasil tes lab mengenai efek kondisi lingkungan ini terhadap disc RW atau RAM. Data pada lapisan phase-changing metal alloy dapat dihapus dan ditulis ulang sampai batas jumlah tertentu (sekitar 1000 kali untuk disc RW dan sekitar 100.000 kali untuk disc RAM). Penulisan ulang ini, bagaimanapun mempengaruhi umur hidup disc. Disc RW atau RAM yang diarsip sesudah perekaman pertamanya mempunyai umur hidup lebih lama dibandingkan yang telah menjalani beberapa siklus hapus-rekam.

Umur hidup untuk disc RW dan RAM akan lebih singkat dibanding disc R. Apalagi jika etlah dilakukan berkali-kali penulisan ulang.
Informasi pada disc R justru aman karena dia tidak dapat diubah atau ditulis ulang.

CD-ROM, DVD-ROM

audio, video, interactive games, +graphics, computer applications ROM

CD-R, DVD-R, DVD+R

recordable disc

CD-RW, DVD-RW, DVD+RW, DVD-RAM

re-writeab