Jumat, 27 Juli 2007

Kondisi Lingkungan Apa Saja yang Mempengaruhi CD dan DVD?

CD dan DVD dapat digunakan untuk jangka waktu bertahun-tahun dengan perawatan yang benar. Seperti media yang lainnya, penurunan kualitas tetap akan terjadi, akan tetapi perlu dilakukan langkah-langkah untuk mencegah penurunan kualitas yang terlalu dini.

Temperatur dan Kelembaban

CD dan DVD baik disimpan dan digunakan pada ruangan atau tempat yang sejuk dan kering serta tidak mengalami perubahan suhu yang drastis. Jika disimpan dalam tempat yang dingin, disc tersebut dapat mengalami kondensasi.

Untuk disc yang sering digunakan harus disimpan pada temperatur yang sama dengan tempat dimana disc tersebut digunakan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemugnkinan perubahan suhu yang tinggi.

Cahaya

ROM Disc (CD-ROM dan DVD-ROM)

Efek cahaya pada ROM disc (seperti: UV, infrared, dan fluorescent) dapat menurunkan kualitas substrat polikarbonat (plastik). Dalam jangka panjang, efeknya dapat terlihat seperti perubahan warna pada plastik.

R Discs - Recordable Disc (CD-R dan DVD-R)
Cahaya matahari dan cahaya UV lainnya dapat mempercepat penurunan kualitas lapisan disc yang recordable (dye). Efeknya adalah penipisan lapisan dye. Sehingga lapisan tersebut dapat terlihat semakin transparan dan berlubang. Penggunaan label dapat mengurangi efek ini.

CD-RW dan DVD-RW, DVD+RW, dan DVD-RAM Disc

Pada suhu normal, cahaya hampir tidak mempengaruhi disc jenis ini. Walaupun demikian, jika mengalami panas yang berlebih, efek dye seperti pada CD-R akan lebih cepat terjadi.

Uap Lembab (embun)

Substrat polikarbonat atau lapisan plastik dari disc sangat rentan terhadap kelembaban dan air karena sifatnya yang dapat menyerap air. Jika sebuah disc terkena air, kering dan panaskan pada suhu 70°F dengan kelembaban 50% (kondisi normal kamar), kemudian biarkan selama 24 jam sebelum disc tersebut digunakan kembali.

Cairan Pembersih Organik

Hindari penggunaan pelarut organik seperti aseton dan bensin karena dapat melarutkan lapisan polikarbonat. Penggunaan isopropoil alkohol atau metanol boleh digunakan untuk membersihkan lapisan polikarbonat walaupun pada disc-disc tertentu juga dapat melarutkan label atau lapisan pelindung tambahan pada disc tersebut.

Magnet, Sinar-X, Gelombang Mikro, dan Radiasi

Magnet, Sinar-X, dan Radiasi 60-300 kilogrey (U.S. Postal Service’s) tidak memberikan efek pada CD dan DVD. Gelombang mikro pada oven microwave dapat menghancurkan disc (dan oven tersebut, karena terdapat bahan metal pada disc).

Penyimpanan Disc

CD dan DVD sebaiknya disimpan pada kotak-CD jika sampai digunakan dan segera dikembalikan pada tempatnya setelah CD/DVD tersebut selesai digunakan sehingga kontaminasi dan pengaruh material asing dapat dihindari.