Jumat, 27 Juli 2007

CD dan DVD: Marking dan Labeling

Marking dan labeling suatu CD atau DVD merupakan proses penting dari pembuatannya. CD dan DVD atau wadahnya, diberi label dalam beberapa rupa dan format sedimikian rupa sehingga mereka dapat dikenali dan diorganisir.

Sewaktu melabeli suatu CD dengan marker (alat tulis penanda), komposisi tinta dalam marker dan bentuk desain marker perlu dipertimbangkan. Tinta dalam marker bervariasi dalam komposisi kimia dan terbentuk dari zat warna dan pelarut.

Tinta terbagi dalam tiga kelompok dasar berdasarkan tipe pelarut yang digunakan: water-based, alcohol-based, dan aromatic solvent-based. Dalam kategori-kategori ini, selanjutnya tinta terbagi berdasarkan ke-permanen-an mereka dan kegunaan mereka untuk berbagai permukaan.

Marker sendiri juga bervariasi bentuknya: Ada fine-point, extra fine-point, rolling-ball, ballpoint, soft felt-tip, dan chisel-tip. Beberapa cocol untuk labelling CD; sebagian lainnya dapat merusak.

Banyak vendor CD mencatatkan bahwa lapisan pelindung tipis dapat memburuk akibat kontak dengan pelarut tertentu di markers. Untuk mengurangi resiko ini, water-based markers direkomendasikan untuk labelling CD.

Sebagai pelarut, alkohol umumnya lebih tidak merusak dibanding xylene dan toluene, yang mana merupakan aromatic solvent-based markers umum. Sehubungan dengan laporan yang bersifat anekdot, markers alcohol-based dapat digunakan untuk melabeli CD tanpa menyebabkan masalah unjuk kerja.

Kerentanan dari logam di CD, akibat kedekatannya dengan permukaan, perlu dipertimbangkan sewaktu memilih suatu marker. Logam khususnya mudah rusak karena goresan, gesekan atau tekukan yang disebabkan sewaktu marking pada permukaan. Suatu filt tip marker (salah satu tipe marker) akan meminimalkan resiko goresan atau tekukan.

CD dan DVD terlihat serupa, tetapi struktur lapisannya berbeda. Lapisan perekaman dari CD terletak persis dibawah sisi labeling. Pada DVD, lapisan perekaman terdapat di tengah disc. Dalam teori, marker solvent-based tidak akan menembus sampai ke tengah DVD melalui lapisan polycarbonate pada kedua sisi disc.

Oleh karena itu, data dan lapisan logam di tengah, menurut teori, tidak dapat kontak dengan pelarut berbahaya apapun. Meskipun demikian, Tindakan pencegahan yang sama seperti dilakukan dalam labelling CD sebaiknya juga diterapkan pada DVD. Marker yang digunakan untuk melabeli CD akan bekerja sama halnya pada DVD.

Banyak vendor menjual marker yang CD-safe, Mereka seharusnya tidak mengandung pelarut berbahaya apapun untuk CD atau DVD, tetapi memiliki kualitas permanen. Untuk labelling disc yang bebas resiko, yang terbaik adalah menulisi di bagian bening di tengah CD (clear inner hub) atau di bagian mirror band dari disc, dimana tidak terdapat data.