Jumat, 27 Juli 2007

CD dan DVD: Struktur Disc

CD dan DVD memiliki material dan lapisan dasar yang sama. Sebuah DVD sebenarnya adalah dua CD tipis yang direkatkan menjadi satu. Sebuah CD hanya dapat dibaca dan ditulisi dari satu sisi saja, tetapi DVD bisa dilakukan dari kedua sisinya.

Lapisan Substrat Polikarbonat (plastik)

Lapisan ini adalah lapisan terluar dari disc, suatu lapisan yang memebri ketebalan disc dan menjaga disc tersebut agar tetap datar. Jika lapisan ini kotor/rusak, akan mengakibatkan data sulit dibaca.

Lapisan Data

Sesuai namanya, lapisan ini berisi data. Data tersebut berupa tanda, atau lekukan yang dapat menyerap atau memantulkan kembali sinar laser yang dipancarkan. Pada CD, lapisan ini berada di bawah lapisan reflektif pada label, pada DVD, lapisan ini berada ditengah-tengah disc.


Lapisan Metal (Reflektor)

Lapisan ini berfungsi untuk memantulkan sinar laser kembali ke photosensor. Lapisan ini memiliki tiga jenis reflective metal yang umum digunakan: emas, alumunium, perak, atau perak alloy.

pada DVD double-layer, terkadang menggunakan silicon sebagai bahan semireflektif.

Disc RW, ROM, dan RAM (CD-RW, CD-ROM, DVD-RW, DVD+RW, DVD-ROM, DVD-RAM) mengunakan alumunium sebagai bahan reflektifnya karena murah dan mudah digunakan.

Disc R (CD-R, DVD-R, DVD+R), menggunakan gold, silver, atau sebuah silver alloy, karena tidak bereaksi dengan lapisan dye dan tidak korosif.

DVD-ROM dapat dibuat dengan dua lapisan ini. Sehingga kapasitasnya dapat digandakan sampai 4x. Lapisan bawah dibuat dengan lapisan semireflektif, agar laser dapat menembus lapisan ganda diatasnya.

Lapisan Permukaan Tambahan

Lapisan ini dapat ditambahkan sebagai permukaan label. Lapisan ini terdiri dari 4 jenis, yaitu:

• thermal-printable

• inkjet-printable

• silkscreen-printable

• dan sebuah lapisan yang dapat mengakomodasi lebih dari satu.

Biasanya lapisan ini digunakan media cetakan gambar, logo, dan lapisan protektif. Lapisan ini adalah lapisan yang paling aman untuk ditulis, dan digambari.